Pengantar Statistik Pendidikan Jilid 1, Sopingi

Judul : PENGANTAR STATISTIK PENDIDIKAN JILID 1 
Penulis : Sopingi 
Penerbit : Gunung Samudera 
Tebal : vi, 131 halaman 

Daftar Isi 

BAB I PENDAHULUAN 
BAB II DATA STATISTIK 
BAB III DISTRIBUSI FREKUENSI DAN GRAFIK 
BAB IV TENDENSI SENTRAL 
BAB V VARIABILITAS 

Preview Buku 

Pengertian Statisktik dan Statistika 

Secara etimologi kata “statistik” berasal dari Bahasa Latin yaitu status yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Dalam kamus bahasa Inggris dijumpai kata statistics dan kata statistic. Kedua kata itu mempunyai arti yang berbeda. Kata statistics artinya “ilmu statistik”, sedang kata statistic diartikan sebagai “ukuran yang diperoleh atau berasal dari sampel”, yaitu sebagai lawan dari kata “parameter” yang berarti “ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi”. 
Statistik memiliki dua pengertian baik dalam arti sempit maupun dalam arti luas. Dalam arti sempit, statistik adalah kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka, baik angka yang berkelompok maupun yang tidak berkelompok yang disajikan dalam bentuk tabel/daftar, gambar, diagram, atau persoalan tertentu. Sedangkan statistik dalam arti luas yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengklasifikasi data, menyajikan data, mengolah data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan. Statistik dalam arti luas sering disebut statistika. 
Secara istilah atau terminologi, kata statistik mengandung berbagai macam pengertian. Statistik antara lain dipahami sebagai (1) data angka, (2) kegiatan statistik, (3) metode, dan (4) ilmu pengetahuan. 

Statistik sebagai Data Angka 

Dalam pengertian ini statistik dimaknai sebagai sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan tentang sesuatu. Bahwa statistik merupakan sederetan atau sekumpulan angka atau bilangan yang menunjukkan keterangan mengenai sesuatu. Istilah-istilah seperti statistik perdagangan, statistik penduduk, statistik penduduk, misalnya, terkandung makna sebagai kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka dan berhubungan dengan bidang kependudukan, dan itu bisa berupa angka kelahiran, angka kematian, angka pertumbungan penduduk, angka perpindahan penduduk, dan sebagainya. Demikian juga istilah statistik pendidikan dimaknai sebagai sederetan bahan keterangan berupa angka/bilangan yang berhubungan dengan bidang pendidikan, seperti angka partisipasi pendidikan, tingkat pendidikan masyarakat, jumlah lulusan perguruan tinggi, jumlah biaya pendidikan, angka kelulusan UN pada sekolah menengah, dan sebagainya. 

Statistik sebagai Kegiatan Statistik 

Dalam pengertian ini statistik dimaknai sebagai kegiatan yang dilakukan dalam memperlakukan sekumpulan data yang berupa angka. Dalam pengertian ini statistik merupakan “kegiatan statistik” atau “kegiatan penstatistikan”. Sebagai kegiatan statistik, statistik mencakup empat hal, yaitu: a) pengumpulan data, b) penyusunan data, c) pengumuman dan pelaporan data, dan d) analisis data (UU No.7 tahun 1960).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS