Metode Penelitian Teknik Informatika, Ade Djohar Maturidi

Judul : Metode Penelitian Teknik Informatika 
Penulis : Ade Djohar Maturidi 
Penerbit : DEEPUBLISH 
Tebal : viii, 127 halaman 

Daftar Isi 

BAB 1 PENELITIAN MENURUT ISLAM 
BAB 2 METODE PENELITIAN DAN FILSAFAT ILMU 
BAB 3 KONSEP DASAR PENELITIAN 
BAB 4 METODELOGI PENELITIAN KAJIAN TEKNOLOGI INFORMASI 
BAB 5 IDENTIFIKASI MASALAH DAN HIPOTESIS 
BAB 6 PARADIGMA METOODELOGI PENELITIAN TEKNIK INFORMATIKA 
BAB 7 BENTUK PROPOSAL PKL, TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI 
BAB 8 BENTUK PROPOSAL PKL, TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI 
BAB 9 SIDANG TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI/PENDADARAN 

Preview Buku 

Islam dan Sains 
Islam sebagai ‘din’ bukan sebagai ‘religion’ sebagai konsep kita agar terjadi sebuah hubungan komprehensif antara Islam dan sains. Kebanyakan dalam kamus, religion didefinisikan secara sempit, sebagai sesuatu yang bersifat gaib, sihir, ritual, dogma, dan lembaga. Ini tidak sesuai dengan esensi Islam sebagai agama, bukan sekedar suatu kumpulan aturan hukum. Dalam Islam tidak sebatas pada masalah ritual, tapi juga meliputi semua aspek kehidupan.

Jika manusia dalam menggunakan akal yang telah diberikan tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya, maka hidup manusia akan berjalan seolah tanpa kekuatan dan pegangan. Oleh karena berbekal akal, manusia diangkat derajatnya oleh Allah sebagai makhluk terbaik yang pernah diciptakan. 
Hanya dengan melalui ilmu pengetahuan dan penyelelidikan ilmiah, fenomena tersebut dapat dipelajari secara sistematis dan dapat dijelaskan kepada semua orang. Observasi ilmiah akan menjadikan Muslim sadar akan semua misteri di balik ciptaan Allah, dan akhirnya bisa mengagumi-Nya sebagai Zat yang Abadi dan Maha Kuasa.

Definisi Penelitian 
Penelitian adalah suatu metode studi melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut (Hilway, 1956). Sedangkan menurut Donald & William (1997), penelitian ilmiah adalah penyelidikan yang sistematis, terkendali, empiris, dan kritis mengenai fenomena-fenomena alam yang dibimbing oleh teori dan hipotesis-hipotesis mengenai hubungan-hubungan yang diduga antara fenomena-fenomena tersebut.

Filsafat (Philosophy) 
Filsafat menurut bahasa yunani ‘Philosophy’ yang mengandung arti Phil dan Sophy. Phil memiliki makna Love (Cinta) dan Sophy mengandung arti Wisdom atau kebijaksanaan bias juga Kearifan atau Hikmat.

Pengujian kritis terhadap dasar rasionalitas dari kepercayaan kita yang paling fundamental dan analisis logis terhadap konsep-konsep dasar yang digunakan dalam mengekspresikan apa yang kita percayai.

Filsafat dapat juga didefinisikan sebagai refleksi atas pelbagai pengalaman manusia, atau sebagai upaya pengenalan masalah-masalah yang berkaitan erat dengan kemanusiaan secara rasional, metodikal dan sistematis.

Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS