Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, Rachmadi Usman

Judul Buku      : Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia
Penulis             : Rachmadi Usman, S.H., M.H.
Penerbit           : Sinar Grafika, Jakarta, 2014
Tebal               : xxiv + 512 halaman
Taksiran Harga           : Rp 88.550
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Perbankan syariah secara lebih khusus telah diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang mengatur jenis usaha, ketentuan pelaksanaan syariah, kelayakan usaha, penyaluran dana, dan larangan bagi Bank Syariah maupun Unit Usaha Syariah yang merupakan bagian dari Bank Umum Konvensional.

Sementara itu, untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat yang masih meragukan kesyariahan operasional perbankan syariah selama ini, dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 diatur pula kegiatan usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah, meliputi usaha yang tidak mengandung unsur riba, maisir, gharar, haram, dan zalim, yang pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh (kaffah) dan konsisten (istiqomah). Pengelolaan perbankan syariah juga berpedoman kepada prinsip kehati-hatian guna mewujudkan perbankan syariah yang sehat, kuat, dan efisien sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Karakteristik sistem perbankan syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil memberikan alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank, serta menonjolkan aspek keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika, mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi, dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan. Dengan menyediakan beragam produk serta layanan jasa perbankan yang beragam produk serta layanan jasa perbankan yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariatif, perbankan syariah menjadi alternatif sistem perbankan yang kredibel dan dapat diminati oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Buku yang hadir di hadapan pembaca ini sebagai upaya untuk memahami ketentuan hukum perbankan syariah. Oleh karena itu, topik-topik yang dibahas antara lain:
·         Bank dalam Islam
·         Bank Syariah dalam Sistem Perbankan Nasional
·         Implementasi Prinsip Kehati-hatian dalam Perbankan Syariah
·         Tata Kelola yang Sehat bagi Perbankan Syariah
·         Manajemen Risiko Perbankan Syariah
·         Rahasia Bank Syariah
·         Kesehatan Perbankan Syariah
·         Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah melalui Basyarnas
·         Pengembangan Perbankan Syariah dalam Arsitektur Perbankan Syariah
·         Kiprah Bank Syariah di Indonesia
·         Perkembangan Bank Islam di Luar Negeri

Buku ini sangat berguna bagi akademisi, mahasiswa, kalangan perbankan, penegak hukum, praktisi hukum, dan pengamat hukum, serta pembaca lainnya dalam mempelajari dan memahami norma dan prinsip hukum perbankan syariah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Pengantar Periklanan, Rendra Widyatama