Pengantar Ekonomi Mikro & Makro, Paulus Kurniawan dan Made Kembar Sri Budhi

Judul: Pengantar Ekonomi Mikro & Makro
Penulis : Paulus Kurniawan dan Made Kembar Sri Budhi
Penerbit : Penerbit Andi
Tebal : 208 halaman
Tahun terbit : 2015
Taksiran harga: Rp.55.000,

Sebagian Isi buku:
Apabila terjadi kompetisi atau persaingan di pasar, menunjukkan terjadinya kelebihan total suplai. Meningkatnya kompetisi juga berarti pasar memberikan alokasi efisien melalui produksi barang sebanyak mungkin. Pasar mengatur sendiri dirinya sehingga menghambat persaingan. Juga karena pemerintah merespon persaingan dengan cara menerapkan kebijakan antitrust

Tujuan dari pemerintah adalah untuk membuat industri lebih kompetitif. Hal ini dilakukan dengan menerapkan hukum yang disebut Undang-Undang Antitrust yang bertujuan untuk mengekang kekuatan monopoli.


Daftar Isi

  1. Ekonomi
  2. Konsep-konsep dasar (Sistem ekonomi, Keputusan memproduksi barang dan jasa, Kelangkaan dan pilihan, Kurva kemungkinan produksi, Keunggulan komparatif, spesialisasi dan perdagangan, Hak kepemilikan dan insentif, Analisis marjinal)
  3. Permintaan dan penawaran (hukum penawaran, kurva penawaran, penentu penawaran, ekuilibrium pasar, analisis kesejahteraan, utilitas marjinal yang semakin menurun, pilihan konsumen, biaya marjinal dan produk marjinal)
  4. Teori pilihan konsumen, elastisitas dan kebijakan ekonomi (kurva permintaan dan elastisitas, menerapkan harga elastisitas permintaan, determinasi elastisitas harga permintaan, elastisitas harga silang dari permintaan, elastisitas pendapatan dari permintaan, pajak dan kerugian bobot mati, 
  5. Biaya produksi, produk market dan maksimalisasi keuntungan (tambahan hasil yang makin berkurang, biaya implisit dan eksplisit, kriteria struktur pasar dalam persaingan sempurna, monopoli, diskriminasi harga, oligopoli)
  6. Pasar faktor (turunan faktor permintaan, produk pendapatan marjinal, pasar tenaga kerja dan perusahaan perekrutan tenaga kerja, suplai tenaga kerja, alokasi sumber daya optimal, faktor suplai dan keseimbangan pasar, persaingan tidak sempurna dalam pasar produk)
  7. Kebijakan pemerintah, kegagalan pasar dan efisiensi (kebijakan pemerintah, kegagalan pasar, dampak eksternalitas positif dan negatif, barang publik, ekuitas pendapatan, kurva Lorenz dan Rasio Gini, Kebijakan publik untuk mempromosikan kompetisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS