Pengantar Periklanan, Rendra Widyatama


Judul: Pengantar Periklanan
Pengarang: Rendra Widyatama
Penerbit: Pustaka Book Publisher, 2007
Tebal: 188 hlm
Informasi detail: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Dewasa ini, dunia periklanan semakin diminati sebagai bidang kerja yang menjanjikan. Iklan menjadi satu pilihan profesi yang bisa diharapkan untuk menggantungkan hidup di masa depan. Bahkan masyarakat dari berbagai disiplin ilmu banyak yang mencoba peruntungan di dunia periklanan. Sekalipun telah banyak orang yang menekuni bidang ini, namun masih sedikit dari mereka yang memiliki wawasan keilmuan tentang periklanan. Salah satu sebabnya adalah langkanya buku-buku yang mengkaji dunia periklanan secara komprehensif. Buku ini membahas dunia periklanan secara tuntas, mulai dari sejarah, fungsi, jenis, organisasi dan teknik pembuatan iklan. 

Buku ini sangat tepat dibaca bagi siapa saja yang ingin mengenal dunia periklanan. Kelebihan buku ini adalah kajiannya yang tak sebatas bersifat teoritis, lebih dari itu buku ini mengkaji teknik-teknik pembuatan iklan, mulai dari iklan media visual, audio, maupun audio-visual. Setiap pokok bahasan dilengkapi dengan contoh dan gambar sehingga mempermudah pembaca untuk memahami ‘makhluk’ yang bernama iklan.

Tentang Penulis
Renda Widyatama lahir di Banyumas, 23 Juli 1967, dari keluarga pendidik. Gelar sarjana diperolehnya dari Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1993. Pada tahun 2004, ia menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di program studi Ilmu Komunikasi dengan minat studi Teori dan Penelitian Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan predikat cumlaude.

Selain mengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan menjadi Ketua Laboratorium Komunikasi Terpadu di institusi yang sama, ia juga mengajar di beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di kota Yogyakarta, termasuk merintis berdirinya Akademi Komunikasi Radya Binatama Yogyakarta. Kegiatan lain yang digelutinya adalah sebagai aktivis LSM, terakhir aktif dalam Communication Institute for Developing and Empowering Community (CIDEC) yang memiliki konsen khusus pada masalah-masalah komunikasi, baik sebagai ilmu maupun aplikasi praksis. Minatnya pada bidang iklan, penulisan media, dan gender telah membawanya menghasilkan banyak karya baik penelitian, artikel jurnal maupun tulisan lepas yang umumnya berfokus pada masalah yang sama.

Isi Buku

Kata Pengantar
Bab I Pendahuluan
A. Pengertian Iklan
1. Adanya pesan tertentu
2. Dilakukan oleh komunikator (sponsor)
3. Dilakukan dengan cara non personal
4. Disampaikan untuk khalayak tertentu
5. Dalam penyampaian pesan tersebut, dilakukan dengan cara membayar
6. Penyampaian pesan tersebut, mengharapkan dampak tertentu

B. Iklan dan Pemasaran
C. Iklan dan Kapitalisme
D. Perempuan dan Iklan

Bab II Sejarah Iklan
A. Perjalanan awal iklan
B. Menuju era modern

Bab III Jenis-jenis iklan
A. Pembagian secara umum
1. Iklan tanggungjawab sosial
2. Iklan bantahan
3. Iklan pembelaan
4. Iklan perbaikan
5. Iklan keluarga

B. Pembagian iklan secara khusus
1. Berdasar media yang digunakan
a. Iklan cetak
b. Iklan elektronik

2. Berdasar tujuan
a. Iklan komersial
b. Iklan layanan masyarakat

3. Berdasarkan bidang isi pesan
a. Iklan politik
b. Iklan pendidikan
c. Iklan kesehatan
d. Iklan kecantikan dan perawatan tubuh
e. Iklan pariwisata
f. Iklan hiburan
g. Iklan olahraga
h. Iklan hukum
i. Iklan lowongan pekerjaan/recruitment
j. Iklan dukacita
k. Iklan perkawinan
l. Iklan makanan dan minuman
m. Iklan otomotif
n. Iklan lingkungan hidup
o. Iklan media

4. Berdasarkan komunikatornya
a. Iklan personal
b. Iklan keluarga
c. Iklan institusi

5. Berdasarkan Wujud Produk yang Diiklankan
a. Iklan barang
b. Iklan jasa
c. Iklan barang-jasa

6. Berdasarkan Khalayak Sasaran Iklan
a. Iklan untuk pengguna akhir
b. Iklan untuk distributor/pengecer
c. Iklan untuk pabrik

7. Berdasarkan cakupan/wilayah sasarannya
a. Iklan lokal
b. Iklan regional
c. Iklan nasional
d. Iklan internasional

8. Berdasarkan fungsinya
a. Iklan informasi
b. Iklan persuasi
c. Iklan  mendidik
d. Iklan parodi/hiburan

9. Berdasar teknik pendekatan penyampaian pesan

Bab IV Fungsi Iklan

Bab V Pengaruh Iklan
A. Pengaruh ekonomi
B. Pengaruh psikologi
C. Pengaruh sosial budaya

Bab VI Organisasi Periklanan

Komentar

Anonim mengatakan…
apakah buku ini masih ada ?
Jendela Buku mengatakan…
Mohon maaf, stok tidak tersedia.
transhive usane mengatakan…
restock lagi dong bukunya, saya nyari banget nih

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.