Etika Kehumasan: Konsep dan Aplikasi, Rosady Ruslan
Judul: Etika Kehumasan
Pengarang: Rosady Ruslan
Penerbit: Rajawali Press, 2001
Tebal: xvi + 144 hlm
Informasi detail: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD
Informasi detail: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Etika kehumasasan adalah panduan etis bagi para profesional di bidang ini. Ada banyak prinsip yang terkandung di dalamnya yang harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh para profesional. Buku ini membeberkan secara sistematis prinsip-prinsip utama etika kehumasan profesional. Pembahasan yang dituangkan dalam buku ini sangat luas, mulai dari sisi dasar dan filosofis dari etika dan komunikasi sampai pada aplikasi etika profesional. Oleh karena itu, buku menjadi bacaan wajib bagi siapa saja yang ingin menjadi profesional humas (PR) yang etis dan bertanggungjawab.
Biodata Penulis:
Rosady Ruslan, lahir di Dusun Jambi Kecil, Jambi pada 2 Mei 1953, dan berpendidikan formal DII Manajemen Perbankan (1977), S-1 Hukum Kemasyarakatan (Perdata) Universitas Islam As-Syafi’iyah (1955), dan S-2 Magister Manajemen (Pemasaran) Universitas Bhayangkara Jakarta (2001). Selain pernah menjadi wartawan selama kurang 14 tahun di Surat Kabar Merdeka, Bisnis Indonesia dan Media Indonesia. Kemudian tahun 1988, bekerja sebagai Public Relations Professional PT Bank Summa (1988-1992) dan PT Bank Perniagaan (1992-1993), serta menyambi sebagai penulis di berbagai media pers dan konsultas Humas/PR di berbagai perusahaan jasa konsultas Humas hingga sekarang. Sejak 1993 sampai sekarang menjadi dosen atau staff pengajar Ilmu Hukum, Etika Kehumasan dan Manajemen Humas (Public Relations Management) di Lembaga Pendidikan Tinggi STIKOM Interstudi, FIKOM Universitas Mercu Buana (UMB), Universitas Sahid, FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA) dan Universitas Paramadina Mulya. Termasuk menjadi pembicara di berbagai seminar humas dan instruktur public relations workshop, baik di lembaga swasta maupun institusi dinas pemerintahan.
Isi Buku:
Pendahuluan
Bab I Filsafat Etika
A. Pengertian filsafat
B. Cabang-cabang filsafat
C. Aliran filsafat
Bab II Filsafat Komunikasi
A. Hakikat filsafat komunikasi
B. Aspek-aspek filsafat komunikasi
C. Etika komunikator
D. Nilai-nilai pesan komunikasi
E. Interaksi simbolik komunikasi
Bab III Etika, Norma-Norma, Kaidah dan Etiket
A. Pengertian etika
B. Sistematika etika
C. Macam-macam etika
D. Norma dan kaidah
E. Etiket
Bab IV Etika Profesi
A. Pengertian profesi dan profesional
B. Prinsip-prinsip etika profesi
C. Pernyataan Humas (PR Statement) bersifat konotatif
D. Pengembangan profesionalisme
E. Etika penulis PR
Bab V Aplikasi Kode Etik Profesi Humas
A. Pengertian etik profesi
B. Kode etik profesi humas
C. Kode etik profesi PRSA
D. Kode etik humas regional ASEAN (FAPRO)
E. Aspek hukum komunitas kehumasan
Bab VI Etika Humas Pemerintah dan BUMN
A. Humas pemerintah
B. Bentuk organisasi nonprofit
Daftar Pustaka
Daftar Lampiran
1. Kode Etik Perhumasan Indonesia
2. Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI)
3. Kode Etik Profesional dan Standard Praktisi Humas Amerika (PRSA)
4. Kode Etik Internasional (Kode Athena)
5. The Chapter in Environmental Communication
6. Perbedaan etika dan hukum
Komentar
Posting Komentar