Komunikasi Politik - Media Massa dan Kampanye Pemilihan, Pawito, Ph.D.

Judul: Komunikasi Politik - Media Massa dan Kampanye Pemilihan
Pengarang: Pawito, Ph.D.
Penerbit: JALASUTRA, 2006
Tebal: xi + 325
Taksiran harga: Rp55.000,-
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Dalam konteks politik modern, media massa menduduki posisi strategis baik dalam upaya penyebarluasan informasi maupun menumbuhkan citra. Oleh karenanya, komunikasi politik modern pada dasarnya adalah komunikasi politik melalui media massa dari/atau media baru, termasuk internet. Tidak terkecuali keterkaitannya dengan pemilihan. Oleh karena itu, Komunikasi Politik: Media Massa dan Kampanye Pemilihan menitikberatkan pada persoalan keberadaan media massa di dalam konteks politik secara umum, serta pemilihan secara lebih khusus.
Khusus dalam konteks pemilihan, termasuk pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan pejabat eksekutif (presiden dan kepala daerah, gubernur, atupun bupati serta wali kota), terlihat jelas bahwa kampanye diupayakan dengan memanfaatkan berbagai teknik pemasaran politik (political marketing ). Komunikasi Politik : Media Massa dan Kampanye Pemilihan membahasa terkait hal ini secara ekstensif, termasuk teknik-teknik yang dikembangkan dalam iklan kampanye.

Buku ini memiliki tingkat kepentingan yang besar dengan politik karena politik sebenarnya memiliki dua dimensi sekaligus, yaitu dimensi riil (kekuasaan siapa memperoleh apa) dan dimensi lambang (pesan siapa mengatakan apa), dengan demikian konteks politik modern media massa berada pada posisi sentral. Tidak ada peristiwa penting berkenaan dengan kepentingan publik yang luput dari perhatian media massa, termasuk forum konferensi yang diselenggarakan oleh organisasi politik, forum sidang parlemen, serta upaya-upaya negosiasi yang dilakukan oleh kalangan-kalangan organisasi iklan-iklan PEMILU atau pemilihan Presiden.
Dengan demikian, Komunikasi Politik: Media Massa dan Kampanye Pemilihan berguna bukan hanya bagi kalangan akademik dosen, peneliti, dan mahasiswa tetapi juga bagi para praktisi serta elit politik yang memiliki kepentingan dengan kampanye serta pemasaran politik.

Isi Buku

Kata Pengantar
Persembahan

BAB I. Pendahuluan
Pengertian Komunikasi Politik
Proses dan Efek Komunikasi Politik
Komunikasi Politik Sebagai Suatu Bidang Kajian Ilmiah

BAB II. Pendekatan Teoritik dan Metode Penelitian Komunikasi Politik
Pendekatan Teoritik dalam Kajian Komunikasi Politik
Metode Penelitian Komunikasi Politik

BAB III. Media Massa dan Politik
Fungsi Politik Media Massa
Kekuatan Media Massa
Pengaruh Media Massa
Berita dan Politik
Media Massa dan Pendapat Umum

BAB IV. Media Massa, Kampanye Pemilihan, dan Pemasaran Politik
Media Massa dan Kampanye Pemilihan
Kampanye dan Pemasaran Politil
Informasi, Persuasi, dan Citra

BAB V. Beberapa Topik Penting Lain
Media Massa dan Krisis Politik
Media Massa, Budaya Pop, dan Politik
Partisipasi Politik
Sosialisasi Politik
Aksi-Aksi Protes atau Demonstrasi
Daftar Pustaka
Indeks

Komentar

Unknown mengatakan…
mau ebooknya atau pdfnya.. saya butuh banget bukunya buat penelitian. makasih

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Kartografi Dasar, Dewi Liesnoor Setyowati, Andi Irwan Benardi, Saptono Putro