Sosiologi Komunikasi, Burhan Bungin

Judul: Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Teknologi Komunikasi di Masyarakat
Penulis: Burhan Bungin
Penerbit: Kencana, 2006
Tebal: xxvi + 384 hlm
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Kajian Sosiologi Komunikasi merupakan perspektif yang sudah alam ada. Di Indonesia kajian ini baru mendapat perhatian serius kira-kira sepuluh tahun terakhir karena didesak oleh kelahiran berbagai media massa serta booming terknologi komunikasi yang begitu hebat.

Perkembangan teknologi telematika atau komunikasi dalam industri IT nyaris melahirkan produk-produk baru setiap hari, yang menyebabkan revolusi komunikasi adalah sesuatu yang tak terelakkan. Ia ibata gelombang yang terus menggelora membentuk tatanan baru yang selalu mengaruh dan berdasar pada logika teknologi.

Persoalan penting dalam Sosiologi Komunikasi adalah substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk konten interaksi (komunikasi) yang dilakukan langsung atau yang dilakukan lewat media komunikasi; serta semua konsekuensi yang terjadi pada seluruh proses komunikasi tersebut.
Buku ini memuat antara lain: filsafat, ruang lingkup, dan konsep Sosiologi Komunikasi; proses komunikasi dalam masyarakat; perkembangan teknologi Indonesia dan komunikasi massa; masyarakat cyber; paradigma keilmuan dan teori komunikasi; penelitian komunikasi; masalah-masalah sosial dan media massa; dan massa depan Sosiologi Komunikasi.

Gambaran Daftar Isi:
1. Filsafat Sosiologi Komunikasi: sebelum Yunani Kuno, Yunani Kuno, Abad Pertengahan, Filsafat Modern, Positivisme, Alam Simbolis dan Posmodernisme.
2. Sosiologi modern
3. Kelahiran Sosiologi Komunikasi
4. Komunikasi
5. Teknologi telmatika
6. Struktur masyarakat: kelompok sosial, lembaga, stratafikasi, mobilitas dan kebudayaan.
7. Interaksi sosial: kontrak sosial dan komunikasi
8. Interaksi sosial: proses asosiatif dan disosiatif
9. Komunikasi massa: konsep, proses, audiensi, fungsi dan sebagai sistem sosial
10. Teori dan model komunikasi antarpribadi: diri dan orang lain, hubungan antarpribadi.
11. Komunikasi kelompok: pengertian, karakteristik, fungsi dan tipe.
12. Komunikasi organisasi: pengertian, fungsi dan pendekatan hubungan manusiawi.
13. Teori efek komunikasi massa: stimulus-respons, komunikasi dua tahap dan pengaruh antarpribadi, difusi inovasi, agenda –setting, dependensi efek, spiral of silence, information gaps, uses and gratifications, uses and effects, information seeking, konstruksi sosial dan model lasswell.
14. Empat teori pers
15. Cybercommunity
16. Penelitian komunikasi
17. Efek media massa yang terencana dan tidak terencana
18. Masalah sosial dan media massa: mistisisme, tahayul, pelecehan seksual, pornomedia, kekerasan terhadap perempuan, sadism dan lain sebagainya.

Buku ini dapat Anda dapatkan di toko-toko buku resmi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS