Manajemen Jilid 1 Edisi Ketujuh, Ricky W. Griffin

Judul : Manajemen Jilid 1 Edisi Ketujuh 
Penulis : Ricky W. Griffin 
Penerbit : ERLANGGA 
Tebal : xix, 151 halaman 

Daftar Isi 
BAGIAN SATU Pengantar Manajemen 
BAB 1 Manajemen dan Tugas Manajer 
BAB 2 Masalah dan Tantangan Tradisional dan Kontemporer 
BAGIAN DUA Konteks Lingkungan dari Manajemen 
BAB 3 Lingkungan Organisasi dan Manajer 
BAB 4 Lingkungan Etika dan Sosial 
BAB 5 Lingkungan Global 
BAB 6 Lingkungan Budaya dan Multibudaya 
BAGIAN TIGA Perencanaan dan Pengambilan Keputusan 
BAB 7 Elemen Dasar Perencanaan dan Pengambilan Keputusan 
BAB 8 Mengelola Strategi dan Perencanaan Strategis 
BAB 9 Mengelola Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah 
BAB 10 Mengelola Pembentukan Usaha Baru dan Kewirausahaan 
BAGIAN EMPAT Proses Organisasi 
BAB 11 Elemen Dasar dari Pengorganisasian 
BAB 12 Mengelola Rancangan Organisasi 
BAB 13 Mengelola Perubahan Organisasi dan Inovasi 
BAB 14 Mengelola Sumber Daya Manusia dalam Organisasi 

Preview Buku 

Kepemimpinan: Memotivasi dan Mengelola Orang 

Fungsi dasar manajerial yang ketiga adalah kepemimpinan. Beberapa orang menganggap kepemimpian sebagai aktivitas manajerial. Kepemimpinan (leading) adalah serangkaian proses yang dilakukan agar anggota dari suatu organisasi bekerja bersama demi kepentingan organisasi tersebut. Carly Fiorina memasuki Hewlett-Packard tidak hanya dengan reputasi sebagai seorang manajer yang dapat dipercaya dan jujur, tapi juga seseorang yang dapat mengambil keputusan berat dan pilihan yang sulit. Kepribadiannya membaur dengan baik dengan para manajer puncak lainnya di perusahaan dan mereka segera bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif. 

Pengendalian: Memonitor dan Mengevaluasi Aktivitas 

Tahap terakhir dari proses manajemen adalah pengendalian (controlling), atau pemantauan kemajuan organisasi dalam mencapai tujuannya. Ketika organisasi bergerak menuju tujuannya, manajer harus memonitor kemajuan untuk memastikan bahwa organisasi tersebut tersebut berkinerja sedemikian rupa sehingga akan mencapai tujuannya pada waktu yang telah ditentukan. Analogi yang sesuai dengan hal ini adalah sebuah misi luar angkasa ke planet Mars. NASA tidak hanya menembakkan sebuah roket menuju lintasan planet tersebut dan kemudian memeriksanya lagi empat bulan kemudian untuk melihat apakah roket tersebut mengenai sasarannya. NASA memonitor pesawat secara kontinu dan membuat semua tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menjaganya agar berada pada arah yang benar. Pengendalian membantu memastikan efektivitas dan efisiensi yang diperlukan demi keberhasilan manajemen. Sementara Carly Fiorina berhasil membuat suatu permulaan yang baik di Hewlett-Packard, perusahaan tersebut masih harus melewati jalan yang panjang untuk memperoleh kepemimpinan teknologinya kembali. Oleh karena itu, dia menetapkan batasan untuk memeriksa kemajuan perusahaan selama beberapa tahun ke depan ketika perusahaan berevolusi menuju model persaingan strategis yang diinginkannya. 

Manajer Menengah 

Manajer menengah atau manajer madya (middle manager) mungkin merupakan kelompok manajer yang paling banyak dalam sebagian besar organisasi. Jabatan manajer menengah umumnya termasuk manajer pabrik, manajer oprasional, dan kepala divisi. Manajer menengah terutama bertanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi (supervisi) dan mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas dari manajer tingkat yang lebih rendah. Manajer pabrik, misalnya, menangani manajemen persediaan, pengendalian kualitas, kegagalan peralatan, dan masalah serikat pekerja yang kecil. Mereka juga mengkoordinasikanpekerjaan penyelia (supervisor) dalam pabrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS