Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gusti Bagus Arjana
Judul Buku : Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Penulis : Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, M.S.
Penerbit : Rajawali Pers, Jakarta, 2015
Tebal : xxii + 256 halaman
Taksiran Harga: Rp 70.000
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Melakukan perjalanan wisata (travelling) telah menjadi kebutuhan manusia, di sisi lain pariwisata (tourism) juga telah berkembang pesat baik sebagai ranah bisnis, industri, maupun bidang kajian ilmu pengetahuan. Ekonomi kreatif juga berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi, ide kreatif dan imajinasi manusia, sehingga pariwisata meluas didukung ekonomi kreatif menjadi peluang bisnis dan industri.
Pariwisata sebagai industri bersifat hidden/invisible export dan multiplier effects yang dapat menghimpun devisa dan menyerap banyak tenaga kerja, sehingga industri pariwisata berkembang di banyak negara di dunia. Globalisasi diakselerasi oleh antara lain mobilitas manusia antarnegara, antarbenua karena aktivitas pariwisata.
Dalam dunia pendidikan, pariwisata menjadi pendidikan vokasional pada jenjang sekolah menengah dan jenjang pendidikan tinggi di politeknik, tingkat Diploma Satu (D-1) sampai Diploma Empat (D-4). Buku Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencoba mengkaji pariwisata dalam perpektif geografi dan kaitannya dengan ekonomi kreatif.
Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah referensi akademik dan memperkaya wawasan tentang pariwisata yang bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, praktisi dan komunitas bisnis pariwisata atau siapa saja yang ingin menambah wawasan tentang pariwisata.
Isi buku:
1. Pendahuluan: Konsep dan Definisi
2. Tujuan Kunjungan, Motivasi Perjalanan dan Sejarah Singkat Pariwisata.
3. Unsur-unsur Geografi Membentuk Obyek Wisata
4. Komponen dan Jenis Pariwisata
5. Industri Pariwisata dan Pengembangannya
6. Dampak Pembangunan Pariwisata
7. Pariwisata Nusantara
8. Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif
Penulis : Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, M.S.
Penerbit : Rajawali Pers, Jakarta, 2015
Tebal : xxii + 256 halaman
Taksiran Harga: Rp 70.000
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Melakukan perjalanan wisata (travelling) telah menjadi kebutuhan manusia, di sisi lain pariwisata (tourism) juga telah berkembang pesat baik sebagai ranah bisnis, industri, maupun bidang kajian ilmu pengetahuan. Ekonomi kreatif juga berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi, ide kreatif dan imajinasi manusia, sehingga pariwisata meluas didukung ekonomi kreatif menjadi peluang bisnis dan industri.
Pariwisata sebagai industri bersifat hidden/invisible export dan multiplier effects yang dapat menghimpun devisa dan menyerap banyak tenaga kerja, sehingga industri pariwisata berkembang di banyak negara di dunia. Globalisasi diakselerasi oleh antara lain mobilitas manusia antarnegara, antarbenua karena aktivitas pariwisata.
Dalam dunia pendidikan, pariwisata menjadi pendidikan vokasional pada jenjang sekolah menengah dan jenjang pendidikan tinggi di politeknik, tingkat Diploma Satu (D-1) sampai Diploma Empat (D-4). Buku Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencoba mengkaji pariwisata dalam perpektif geografi dan kaitannya dengan ekonomi kreatif.
Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah referensi akademik dan memperkaya wawasan tentang pariwisata yang bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, praktisi dan komunitas bisnis pariwisata atau siapa saja yang ingin menambah wawasan tentang pariwisata.
Isi buku:
1. Pendahuluan: Konsep dan Definisi
2. Tujuan Kunjungan, Motivasi Perjalanan dan Sejarah Singkat Pariwisata.
3. Unsur-unsur Geografi Membentuk Obyek Wisata
4. Komponen dan Jenis Pariwisata
5. Industri Pariwisata dan Pengembangannya
6. Dampak Pembangunan Pariwisata
7. Pariwisata Nusantara
8. Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif
Komentar
Posting Komentar