Psikologi Pendidikan, Sri Esti W Djiwandon

Judul buku: Psikologi Pendidikan (Revisi 2)
Penulis: Sri Esti W. Djiwandon
Penerbit: Grasindo, 2006
Tebal: 471 halaman
Taksiran harga: Rp 50.000,-
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Psikologi mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia. Tetapi sebetulnya, tingkah laku dan pengalaman manusia sangat luas dan komplek. Untuk itu, ahli psikologi tidak hanya mempelajari atau mencoba untuk mengerti tingkah laku manusia secara sederhana, tetapi berpikir tentang berbagai faktor yang melibatkan tingkah laku.

Apakah psikologi pendidikan itu? Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari belajar, pertumbuhan dan kematangan pribadi, serta menerapkan prinsip ilmiah tentang reaksi manusia yang memengaruhi proses mengajar-belajar.

Psikologi pendidikan mencoba untuk membantu siswa dengan menerapkan pengertian metode psikologi untuk menyelesaikan masalah dalam situasi mengajar-belajar. Oleh karena itu, psikologi pendidikan menjadi referensi penting yang dapat membantu para pengajar (guru) menemukan solusi dalam mengatasi problem mengajar-belajar.

Gambaran Daftar Isi:
1. Keputusan yang dibuat guru
- Tugas mengajar
- Tingkah laku siswa
- Tingkah laku guru
2. Bidang-bidang kompetensi guru pada umumnya
3. Masalah-masalah yang dihadapi guru baru
4. Mengajar sebagai seni dan ilmu pengetahuan
- Peranan guru
5. Peranan psikologi pendidikan
- Kebutuhan akan pendekatan ilmiah
6. Bidang-bidang psikologi pendidikan
7. Tujuan teori atribusi
8. Pentingnya teori atribusi untuk pendidikan
9. Covington’s Theory of Self-Worth
10. Expentancy Theories of Motivatio
12. Teori humanistic untuk motivasi
- Interpretasi humanistik terhadap motivasi
- Implikasi teori humanistik terhadap pengajaran
13. Motivasi dan kepribadian
14. Motivasi berprestasi
15. Insentif untuk belajar
- Motivasi intrinsic dan ekstrinsik
- Mempertinggi motivasi intrinsik
- Menambah selera siswa untuk ilmu pengetahuan
- Mempertahankan keingintahuan
- Cara penyampaian pelajaran yang menarik dan bervariasi
- Permainan dan simulasi
16. Motivasi dan pengajaran
- Sebelum belajar: sikap dan kebutuhan, tingkat aspirasi, kebutuhan siswa untuk bertemu dengan orang lain.
- Selama proses belajar: suasana minat dan emosi
- Motivasi dan minat
- Mempertahankan suasana emosi yang positif
- Menggunakan teknik-teknik kerja sama
- Akhir dari pengalaman belajar: kompetensi dan reinforcement
17. Pedoman menerapkan teori-teori motivasi
18. Mendorong motivasi selama dan sesudah belajar
19. Harapan-harapan guru
- Sumber harapan guru
- Tingkah laku guru dan reaksi siswa
20. Kecemasan di dalam kelas
- Perbedaan individu dalam masalah kecemasan
- Mengatasi kecemasan
21. Evaluasi hasil belajar
- Pengertian evaluasi dalam pengajaran
- Tujuan evaluasi:
a. Penilaian sebagai perangsang atau dorongan
b. Penilaian sebagai umpan balik bagi siswa
c. Penilaian sebagai umpan balik bagi guru
d. Penilaian sebagai umpan balik bagi orang tua
e. Penilaian sebagai informasi untuk seleksi
- Sifat-sifat tes yang baik
a. Validitas
b. Reliabilitas
22. Macam-macam jenis tes
- Kriteria cara penyusunan
a. Tes terstandar
b. Tes buatan guru
- Kriteria tujuan penyelenggaraan: tes seleksi, penempatan, hasil belajar, diagnostik, uji coba,
- Kriteria tahapan atau waktu penyelenggaraan: tes masuk, formatif, sumatif, prates, postes.
- Kriteria acuan penilaian: tes acuan norma dan patokan
- Kriteria bentuk jawaban: tes pilihan: tes benar-salah, esai, pilihan ganda, menjodohkan, melengkapi
- Analisis item: tingkat kesukaran, daya pembeda, kriteria untuk menentukan soal baik dan soal tidak baik.

- Penskoran dan penilaian: perbedaan skor dan nilai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Kartografi Dasar, Dewi Liesnoor Setyowati, Andi Irwan Benardi, Saptono Putro