Psikologi Edisi Kesembilan, Jilid 1, Carole Wade & Carol Tavris

Judul buku: Psikologi Edisi Kesembilan, Jilid 1
Penulis: Carole Wade & Carol Tavris
Penerbit: Erlangga, 2008
Tebal: 350 halaman
Taksiran harga: Rp 200.000,-
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Buku pengantar psikologi ini terkenal akan fokusnya pada perkembangan berpikir kritis para pembacanya. Cakupan bahasan buku ini meliputi bidang-bidang seperti Biologi dan Perilaku, Pembelajaran dan Kondisioning, Motivasi, Teori Kepribadian, serta Kesehatan dan Penyakit.

Tambahan dalam edisi kesembilan ini mencakup antara lain fitur “Lebih Dalam mengenai Riset”, yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai topik yang dibahas dan memperlihatkan hubungan antara hasil suatu penelitian dengan pembahasan terkait. Setiap bagian ini juga dilengkapi dengan grafik atau tabel hasil sehingga melatih mahasiswa melakukan interpretasi data.

Bagian baru lainnya adalah “Biologi dan…” yang menyoroti kolaborasi ilmu antara biologi dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pembahasan bab. Di bagian ini, para psikolog mengumpulkan keahlian lintas bidang mereka. Bagian ini dibuat untuk memacu rasa ingin tahu pembaca.

Tak ketinggalan, penelitian-penelitian terbaru juga dimuat di setiap bab, dari penelitian terakhir mengenai pertumbuhan syaraf sepanjang hidup hingga penelitian mengenai kepribadian pada sejumlah spesies.

Gambaran Daftar Isi (Beberapa Definisi Istilah):
1. Terapi psikodinamika: suatu jenis psikoterapi dengan tujuan mirip dengan tujuan psikoanalisis, yaitu mempelajari dinamika ketidaksadaran pada kepribadian; meskipun dalam berbagai hal memiliki perbedaan dengan Freudian.
2. Tes objektif (inventori): kuesioner terstandarisasi yang menuntut respons dalam bentuk tulisan; sering kali meliputi skala-skala di mana orang diminta untuk mengisinya sendiri.
3. Tes proyektif: suatu jenis tes psikologis yang digunakan untuk menyimpulkan motivasi, konflik, serta dinamika ketidaksadaran seseorang, berdasarkan interpretasi orang tersebut mengenai beberapa stimulus yang ambigu.
4. Tes psikologis: prosedur yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kepribadian, keadaan emosional, bakat, ketertarikan, kemampuan dan nilai-nilai.
5. Teori pikiran: sistem keyakinan mengenai cara berpikir seseorang dan cara berpikir orang lain, serta bagaimana keyakinan dan perasaan seseorang dapat mempengaruhi dirinya.
6. Thematif Apperception Test (TAT): suatu jenis proyeksi yang meminta responden tes untuk menginterpretasikan sejumlah gambar yang memperlihatkan gambar orang; biasanya digunakan untuk menilai motivasi yang tidak disadari, seperti kebutuhan akan pencapaian, kekuasaan atau afiliasi.
7. Tidur Rapid Eye Movement (REM): Periode dalam tidur yang ditandai dengan gerakan mata, pelemasan otot, dan mimpi yang terasa nyata.

8. Urat saraf: sekumpulan serabut saraf (axon, dan terkadang dendrite) yang terdapat pada sistem saraf peripheral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS