Metode Penelitian Kualitatif, Rizabuana Ismail

Judul: Metode Penelitian Kualitatif; dasar-dasar pemikiran melakukan penelitian sosial dengan pendekatan grounded research.
Penulis: Rizabuana Ismail
Penerbit: USU Press (www.usupress.usu.ac.id), 2009
Tebal: iv + 64 hlm
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Buku ini mendeskripsikan serta memanggil kita untuk masuk pada ranah metodologi berbagai varian komunikasi yang hidup di masyarakat yang terus-menerus berkembang, tapi seringkali luput dari pengamatan kita. Padahal komunikasi berperan dalam kontruksi komunikasi di mana dewasa ini masyarakat sangat tergantung dengan teknologi komunikasi.

Komunikasiberkembang pesat berkat kemajuan teknologi yang membawa manusia mampu berhubungan dengan sesamanya secara cepat dan mudah.  Manusia terintegrasi ke dalam sistem komunikasi yang semakin efisien karena menggunakan teknologi. Hal ini memunculkan berbagai fenomena dan kesadaran baru yang tidak boleh luput dari pengamatan kita. Kesadaran mengenai apa yang sedang terjadi merupakan modal awal untuk melakukan konstruksi sosial secara positif.

Oleh sebab itu, kita membutuhkan metode penelitian untuk memahami apa yang terjadi di sekitar kita. Dengan buku ini, diharapkan membantu mahasiswa maupun peneliti untuk melakukan penelitian secara mendalam terhadap fenomena komunikasi yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat.

Gambaran isi buku:
1. Pengenalan
2. Dua dunia yang berbeda, di antara ilmu sosial dan ilmu alam
3. Ciri ilmu sosial sebagai ilmu yang empiris
4. Menggunakan pendekatan grounded research dalam berbagai penelitian empiris

5. Metode penelitian dengan grounded research

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS