Islam dan Tantangan Ekonomi, M. Umer Chapra

buku ekonomi islam
Judul buku: Islam dan Tantangan Ekonomi
Penulis: M. Umer Chapra
Penerbit: Gema Insani Press, 2000
Tebal: xxvi + 370 hlm
Taksiran harga: Rp.50.000,-

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Saat sosialisme kolaps yang ditandai dengan keruntuhan Uni Soviet, apakah artinya kapitalisme dan negara kesejahteraan berhasil keluar sebagai pemenang sistem ekonomi yang menguasai dunia? Menurut sang penulis, kapitalisme juga sudah gagal karena tidak berhasil mencapai tujuannya, yakni kesejahteraan umat manusia. Di manakah letak kegagalannya dan sistem apa yang paling baik untuk menciptakan kesejahteraan umat manusia?


Dr. M. Umer Chapra yang berpengalaman dalam riset di bidang ekonomi dan pemahamannya yang mumpuni mengenai syariat Islam, mengajukan bahwa hanya Islam lah sebagai satu-satunya sistem ekonomi alternatif untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia. Pemaparannya mengenai hal ini tidak melulu soal teori, tapi cukup realistis untuk diwujudkan dalam kehidupan nyata.

Salah satu gagasan dari buku ini adalah mengkritik kesenjangan ekonomi yang amat parah yang justru diderita oleh mayoritas negara-negara muslim. Sang penulis berpendapat bahwa situasi ini diciptakan oleh kebijakan ekonomi sekuler, baik itu kapitalisme, sosialisme maupun negara kesejahteraan. Kebahagiaan manusia tidak bisa diukur semata-mata dari aspek kepemilikan material, tapi juga pencapaian spiritual. Hal ini menjelaskan mengapa warga negara yang kaya pun banyak yang tidak berbahagia, tapi malah mengalami alienasi di tengah-tengah keserbaadaan.

Buku ini dianggap sebagai buku yang bagus bagi semua kalangan, khusus kalangan muslim, karena buku ini dapat menjadi masukan bagi pembuat kebijakan ekonomi, khususnya ekonomi Islam. Prof. Volker Nienhaus dari University of Bochum mengatakan buku ini sebagai “sebuah karya yang berharga…semoga buku ini dibaca bukan di kalangan muslim saja, melainkan juga oleh koleganya di Barat.”

Daftar pustaka (isi buku):

  1. Efisiensi dan pemerataan: tiga pertanyaan, peran padangan dunia dan strategi.
  2. Sistem-sistem yang sedang berlaku
  3. Alternatif Islam: Maqashid asy-Syari’ah, jurang yang menganga.
  4. Sistem-sistem yang gagal
  5. Batas-batas kapitalisme
  6. Logika sistem kapitalisme: anggapan semetri
  7. Faktor-faktor pendorong sekularisme
  8. Pandangan dunia pencerahan
  9. Materialism dan determinisme
  10. Protes yang gagal
  11. Dan seterusnya…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS