Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar, Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss


Judul buku: Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar
Pengarang: Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss
Penerbit: Remaja Rosdakarya, 2008
Halaman: xv + 256
Informasi detail: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Buku disajikan kepada anda untuk menunjukkan betapa pentingnya komunikasi. Untuk dapat mengendalikan lingkungan komunikasi anda dan pengaruhnya terhadap anda, anda harus memahami fenomena komunikasi: konsep-konsep dasar, model-model, asas-asasnya, dan kiat-kiatnya, pokoknya: bagaimana komunikasi itu bekerja. Apa yang disajikan dalam buku ini seyogyanya dapat membantu anda untuk memahami komunikasi anda dengan orang-orang lain dalam berbagai konteks komunikasi, baik secara tatap muka, dalam kelompok kecil (organisasi) atau besar, ataupun melalui media massa.

Pemahaman materi yang tersaji dalam buku ini hendaknya membantu anda untuk menganalisis kesalahan-kesalahan komunikasi yang anda lakukan dan kemudia meminimalkan atau bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan tersebut, seraya terus meningkatkan keefektifan komunikasi anda. Singkatnya, buku ini dimaksudkan agar anda dapat memperbaiki hubungan anda dengan orang-orang lain, siapa pun mereka, sehingga anda memperoleh kepuasan maksimal dari hubungan tersebut.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan. Komunikasi yang efektif merupakan keahlian terpenting untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan hidup. Tidakkah lebih baik anda meluangkan sebagian waktu untuk mempelajarinya?

Buku ini merupakan salah satu buku komunikasi di Amerika Serikat. Meskipun dimaksudkan terutama sebagai pengantar dalam ilmu komunikasi di perguruan tinggi, buku ini sangat bermanfaat bagi para eksekutif, pengusaha, reporter, pejabat dan sebagainya.

Daftar Isi:
Mengapa kita Mempelajari Komunikasi?: Sebuah Pengantar
Bab 1. Proses Komunikasi Insani
1. Pentingnya komunikasi insani
2. Apakah komunikasi insani itu?
3. Model komunikasi insani
4. Konteks komunikasi
5. Teknologi komunikasi
6. Komunikasi efektif

Bab 2. Persepsi Manusia
1. Mempersepsi orang dan mempersepsi objek: sebuah perbandingan
2. Pembentukan kesan
3. Beberapa variabel yang mempengaruhi kecermatan persepsi
4. Memperbaiki persepsi dan komunikasi

Bab 3. Pesan Verbal
1. Kata dan makna
2. Penyandian pesan (encoding): bahasa yang digunakan anak-anak
3. Bahasa dan pikiran
4. Pengaruh kata bagi tindakan

Bab 4. Pesan Nonverbal
1. Menafsirkan pesan nonverbal
2. Isyarat spasial dan temporal
3. Isyarat-isyarat visual
4. Isyarat-isyarat vocal
5. Kebohongan (deception)

Bab 5. Mendengarkan
1. Mengapa mendengarkan?
2. Pentingnya mendengarkan
3. Apa yang dimaksud dengan mendengarkan
4. Beberapa macam mendengarkan
5. Bagaimana memperbaiki cara mendengarkan

Bab 6. Proses Hubungan Manusia
1. Landasan daya tarik manusia
2. Karakteristik hubungan
3. Siklus suatu hubungan
4. Pemeliharaan hubungan
5. Komunikasi keluarga
6. Pendekatan terhadap konflik

Tentang Penulis
Stewart L. Tubbs adalah Dekan Fakultas Bisnis dan Profesor Manajemen di Eastern Michigan University. Ia memperoleh gelar Doktor dalam bidang komunikasi dan perilaku organisasional dari University of Kansas. Gelar Master dalam Komunikasi dan gelar Sarjana Muda dalam Ilmu Alam ia peroleh dari Bowling Green University. Ia telah menyelesaikan tugas pascadoktor-nya dalam bidang manajemen di Michigan State University, University of Michigan dan Harvard Business School.

Dr. Tubbs juga telah mengajar di General Motor Institute dan di Boise State University di mana ia menjabat Ketua Jurusan Manajemen dan kemudian menjadi Associate Dean of the College of Business. Ia telah digelari Dosen Teladan (Outstanding Teacher) tiga kali, dan telah menjadi konsultan banyak perusahaan. ia juga adalah mantan Ketua Divisi Komunikasi Organisational Akademi Manajemen. Dr. Tubbbs adalah penulis A Systems Approach to Small Group Interaction dan bersama Sylvia Moss juga menulis Interpersonal Communication. Ia juga terdaftar dalam American Men of Women of Science, Contempory Authors, Directory of American Scholars, dan International Who’s Sho in Education, dan Outstanding Young Men of America.

Sylvia Moss adalah seorang penulis profesional dengan minat yang kuat dalam ilmu-ilmu perilaku. Ia memperoleh gelar sarjana muda-nya dalam bidang pendidikan dari Barnard College dan University of Winscounsin dan memperoleh geral master-nya dari Colombia University dan New York University. Bersama Stewart Tubbs, ia menulis Interpersonal Communication. Ia juga telah menulis beberapa karangan untuk buku-buku teks mahasiswa dalam ilmu-ilmu sosial.

Sylvia Moss juga adalah seorang konsultan dalam bidang penulisan, dan juga pengajar dalam lokakarya-lokakarya penulisan. Puisi-puisinya muncul dalm Groiler Potery Prize Annual, New Letters, Helicon Nine dan jurnal sastra-sastra lainnya. Kumpulan puisinya, Cities in Motion, terpilih sebagai National Poetry Series 1987. Ia telah dua kali menjadi Yaddo Fellow dan tahun 1988 menerima Whiting Writer’s Sward. Ia mengajar di College of New Rochelle.

Buku ini dapat dibeli di toko buku terdekat

atau KONTAK KAMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS