Psikologi Komunikasi, Jalaludin Rakhmat
Judul Buku: Psikologi Komunikasi
Pengarang: Jalaludin Rakhmat
Penerbit: Remaja Rosdakarya, 2003
Jumlah halaman: xiii + 332
Taksiran Harga: Rp55.000,-
Informasi detail: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
Komunikasi ada di mana-mana: di rumah, di kampus, di kantor, di masjid, bahkan di bioskop. Komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan kita. Sebuah penelitian mengungkapkan 70 % waktu kita bangun digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi menentukan kualitas hidup kita.
Penulis buku ini, Drs. Jalaludin Rakhmat, M.Sc, yang lahir di Bandung pada tanggal 29 Agustus 1949, adalah penulis yang kompeten dalam bidang ilmu komunikasi.
Kesarjanaannya diraih pada Fakultas Universitas Padjadjaran, jurusan Penerangan (1976). Pada tahun 1980 dikirim ke Amerika Serikat untuk mendalami penelitian komunikasi pada Departemen of Journalisme, Iowa State University dan meraih gelar M.Sc pada tahun 1982.
Di samping aktif sebagai dosen di Unpad, ITB dan beberapa perguruan tinggi swasta, ia juga aktif sebagai anggota: Tim Pemeriksa Usul Penelitian Universitas Padjajaran. Pengurus Ikatan Sarjana Komunikas Cabang Bandung (untuk pengembangan ilmu), International Communication Association, Society for International Development, Asian Mass Communication and Information Centre; anggota kehormatan organisasi Gamma Sigma Delta dan organisasi Phi Kappa Phi.
Isi Buku:
Kata Pengantar
Prakata pada Edisi Kedua
Bab 1. Apakah Psikologi Komunikasi itu?
1.1. Ruang lingkup psikologi komunikasi
1.2. Ciri pendekatan psikologi komunikasi
1.3. Penggunaan psikologi komunikasi
Bab 2. Karakteristik Manusia Komunikan
2.1. Konsepsi psikologi tentang manusia
2.2. Faktor-faktor personal yang mempengaruhi perilaku manusia
2.3. Faktor-faktor situasional yang mempengaruhi perilaku manusia.
Bab 3. Sistem Komunikasi Intrapersonal
3.1. Sensasi
3.2. Persepsi
3.2.1. Perhatian (Attention)
3.2.2. Faktor-faktor fungsional yang menentukan persepsi
3.2.3. Faktor-faktor struktural yang menentukan persepsi.
3.3. Memori
3.3.1. Jenis-jenis memori
3.3.2. Mekanisme memori
3.4. Berpikir
3.4.1. Apakah berpikir itu?
3.4.2. Bagaimana orang berpikir?
3.4.3. Menetapkan keputusan (Decision makin)
3.4.4. Memecahkan persoalan (Problem solving)
3.4.5. Berpikir kreatif (Creative thinking)
Bab 4. Sistem Komunikasi Interpersonal
4.1. Persepsi Interpersonal
4.1.1. Pengaruh faktor-faktor situasional pada persepsi interpersonal
4.1.2. Pengaruh faktor-faktor personal pada persepsi interpersonal
4.1.3. Proses pembentukan kesan
4.1.4. Proses pengelolaan kesan (Impression Management)
4.1.5. Pengaruh persepsi interpersonal pada komunikasi interpersonal
4.2. Konsep diri
4.2.1. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri
4.2.2. Pengaruh konsep diri pada komunikasi interpersonal
4.3. Atraksi interpersonal
4.3.1. Faktor-faktor personal yang mempengaruhi atraksi interpersonal
4.3.2. Faktor-faktor situasional yang mempengaruhi atraksi interpersonal
4.3.3. Pengaruh atraksi interpersonal pada komunikasi interpersonal
4.4. Hubungan interpersonal
4.4.1. Teori-teori hubungan interpersonal
4.4.2. Tahap-tahap hubungan interpersonal
4.4.3. Faktor-faktor yang menumbuhkan hubungan interpersonal dalam komunikasi interpersonal
Bab 5. Sistem Komunikasi Kelompok
5.1. Kelompok dan pengaruhnya pada perilaku komunikasi
5.1.1. Klasifikasi kelompok
5.1.2. Pengaruh kelompok pada perilaku komunikasi
5.2. Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok
5.2.1. Faktor situasional: karakteristik kelompok
5.2.2. Faktor personal: karakteristik anggota kelompok
5.3. Bentuk-bentuk komunikasi kelompok
5.3.1. Komunikasi kelompok deskriptif
5.3.2. Komunikasi kelompok preskriptif
Bab 6. Sistem Komunikasi Massa
6.1. Pengertian komunikasi massa
6.1.1. Sistem komunikasi massa versus sistem komunikasi interpersonal
6.1.2. Sejarah penelitian efek komunikasi massa
6.2. Faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi massa
6.2.1. Teori DeFleur dan Ball-Rokeach tentang pertemuan dengan media
6.2.2. Pendekatan motivasional dan uses and gratification
6.3. Efek Komunikasi massa
6.3.1. Efek Kehadiran Media Massa
6.3.2. Efek Kognitif Komunikasi Massa
6.3.3. Efek Afektif Komunikasi Massa
6.3.4. Efek Behavioral Komunikasi Massa
Bab 7. Psikologi Komunikator dan Psikologi Pesan
7.1. Psikologi Komunikator
7.2. Psikologi pesan
7.2.1. Pesan Linguistik
7.2.2. Pesan nonverbal
7.2.3. Organisasi, struktur, dan imbauan pesan
Dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat.
KONTAK KAMI
Komentar
Posting Komentar