Retorika Modern: Pendekatan Praktis, Jalaluddin Rakhmat

Judul: Retorika Modern: Pendekatan Praktis
Pengarang: Jalaluddin Rakhmat
Penerbit:  PT REMAJA ROSDAKARYA, 2006
Tebal: V + 157 hlm
Taksiran harga: Rp27.000
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD (untuk detail dan edisi terbaru)

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Buku ini berusaha memberikan petunjuk-petunjuk praktis dalam retorika: Persiapan, penyusunan, serta penyampaian pidato; lengkap dengan bahasan khusus tentang pidato informatif, persuasif, serta rekreatif. Walaupun begitu, petunjuk-petunjuk praktisnya selalu dilandasi teori-teori ilmiah. Kita ingin memasyarakatkan retorika yang berbobot yang melahirkan tuan dan puan, apa pun pekerjaan Anda.
Banyak orang keliru menganalisis seolah-olah kemajuan dunia Barat bertopang primer pada matematika, fisika atau kimia. Namun, bila kita mau dalam lagi menyelam, maka kita akan melihat bahwa, kemampuan luar biasa dunia Barat dalam hal ilmu alam mengandaikan dahulu serta berpijak pada kultur berabad-abad pendidikan bahasa. Yang berakar pada filsafat Yunani yang bertumpu pada retorika.

Pengertian retorika biasanya kita anggap negatif, seolah-olah retorika hanya seni propaganda saja, dengan kata-kata yang bagus bunyinya tetapi disangsikan kebenaran isinya. Padahal arti asli dari retorika jauh lebh dalam, yaitu pemekaran bakat-bakat tertinggi manusia, yaitu rasio serta cita rasa lewat bahasa selaku kemampuan untuk berkomunikasi dalam medan pikiran. To be victorious lors in the battle of minds. Maka retorika menjadi mata ajaran poros demi emansipasi manusia menjadi tuan dan puan
Y.B. Mangunwijaya


Biografi Penulis

Ali Bumi, alias Moch. Ali Shodiqin, lahir di Rembang, 24 Agustus 1975, kemudian bersekolah dalam lingkungan Islam “swasta” di Rembang, mulai dari TK, MI, kemudian MTs, dan MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang, lalu hijrah untuk kuliah S1 di Fakultas Trbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (199502002).
Dalam jeda waktunya, Ali Bumi berorganisasi bersama teman, membangun dan memimpin BuMI (Bandarausaha Mahasiswa Indonesia) di Yogyakarta (2000-2002), di manan kemudian orang memanggilnya Ali Bumi, kemudian di penerbitan menjadi wakil PU Majalah Mahasiswa PARADIGMA IAIN Sunan Kalijaga (1998-1999), serta menjadi Ketua Umum Kelompok Studi Ilmu Pendidikan (KSIP) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1997-1999), dan aktif di organisasi ekstra kampus dan LSM.

Dahulu, Ali Bumi berdagang karya seni (1996-1998), hasil laut (1998-1999), serabutan apapun, berjualan roti, pakaian, buku, mengelola rental komputer (2001-2002) serta menikmati jatuh bangun berwiraswasta sambil berharap cemas atas kelangsungan studi mandiri. Sejak 2003 hingga saat ini, Ali Bumi menekuni usaha penerbitan serta percetakan yang dirintisnya seniri dengan modal totalitas jiwa raga, namanya CV Datamedia, yang menerbitkan karyanya sendiri, karya tim kerjanya, serta karya orang lain, juga menerima orger cetak apa saja.

Buku yang telah terbit ialah ‘Cara Mudah Menulis Skripsi 30 Hari Jadi’, diterbitkan Penerbit Datamedia. Saat ini sedang menulis beberapa buku dan novel.

Isi Buku
Kata Pengantar
Bab I Pendahuluan
Sejarah Perkembangan Retorika
Retorika Zaman Romawi
Retorika Abad Pertengahan
Retorika Modern

Bab II Tahap Persiapan Pidato
Jenis-jenis Pidato
Memilih Topik dan Tujuan
Mengembangkan Bahasan

Bab III Tahap Penyusunan Pidato
Prinsip-prinsip Komposisi Pidato
Menyusun Pesan Pidato
Membuat Garis-garis Besar Pidato
Memilih Kata-kata
Cara Membuka Pidato
Cara Menutup Pidato

Bab IV Tahap Penyampaian Pidato
Membangun Kepercayaan Diri dan Kredibilitas
Prinsip-prinsip Penyampaian Pidato

Bab V Pidato Informatif
Isi Pesan
Organisasi Pesan
Teknik Pengembangan Bahasan

Bab VI Pidato Persuasif
Teknik-teknik Persuasi
Menetapkan Daya Tarik Motif
Pencitraan (Imagery)
Isi Pesan Persuasif
Organisasi Pesan Persuasif

Bab VII Pidato Rekreatif
Karakteristik Pidato Rekreatif
Teori-teori Humor
Teknik-teknik humor
Organisasi Pesan

Daftar Pustaka

Komentar

bredmart mengatakan…
Bagaimana bisa saya beli. Bisa pesan gak ya

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS