Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana, DR. Yosal Iriantara

Judul: Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana
Pengarang: DR. Yosal Iriantara
Penerbit: Simbiosa Rekatama Media, 2009
Tebal: iii + 159 hlm
Taksiran harga: Rp 32.000,-
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD (untuk detail dan edisi terbaru)

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Betapa banyak orang yang mengeluhkan kehidupan di tengah dunia sesak media (media saturated world) seperti sekarang ini.  Orang tua khawatir dengan perilaku anaknya yang banyak menghabiskan waktu menonton TV. Para pemuka agama mengkhawatirkan gaya hidup hedonistik serta serba gampang yang melanda generasi penerus bangsa ini. Para guru merasa apa yang diberikan di lembaga pendidikan tidak membekas karena muridnya lebih senang berguru pada media massa.

Keluhan-keluhan itu semakin hari semakin nyaring saja terdengar, berbaur dengan berbagai kritik atas praktik dunia media massa di Indonesia. Komodifikasi media massa, yang begitu memanjakan selera khalayak demi manfaat komersial media massa, khususnya televisi, melahirkan bermacam akibat yang mengundang kekhawatiran, ketakutan, bahkan antipati terhadap media massa. Hampir saja media massa tidak dilihat manfaat dan maslahatnya bagi kehidupan sosial Indonesia kontemporer.

Untuk mengatasi serbuan media massa dan masyarakat yang sesak media, upaya mengembangkan literasi media – atau  populer dengan sebutan melek media – di kalangan masyarakat dipandang lebih realistis untuk membangun kompetensi khalayak dalam “mengendalikan” konten media.

Sejumlah Fakultas Ilmu Komunikasi di Indonesia juga sudah mulai memberikan tempat pada literasi media dalam kurikulumnya. Saat ini, mereka mulai memerhatikan upaya membudayakan khalayak dalam menghadapi “serbuan” media massa melalui pembelajaran literasi media. Tidak hanya mengenai bagaimana menyusun pesan, melainkan juga bagaimana khalayak mengkritisinya dan menafsirkan pesan yang diterima tersebut.

Buku ini diterbitkan dalam rangka menyambut kecenderungan lingkungan pendidikan ilmu komunikasi di Indonesia, mahasiswa dan dosen yang tertarik pada dunia “baru” media dalam ilmu komunikasi, juga mereka yang ingin tahu tentang literasi media dan ingin memperoleh pengetahuan yang mendalam.

Biografi Penulis
Yosal Iriantara adalah dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung. Ia menamatkan pendidikan S-1 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung, S-2 Manajemen Pendidikan di Program Pasca Sarjana Universitas Islam Nusantara Bandung serta S-3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Selain mengajar, ia juga menjadi konsultan di sejumlah perusahaan dan departemen; menerjemahkan beberapa buku mengenai pendidikan, komunikasi, serta public relations; juga menulis beberapa modul untuk Universitas Terbuka.

Isi Buku

Kata Pengantar
Bagian I : Apa Itu Literasi media
1. Memahami Literasi

2. Memahami Literasi Media

3. Literasi Media dan Pemberdayaan Khalayak

Bagian II : Mengapa Literasi Media
4. Pentingnya Literasi Media

5. Mengembangkan Literasi Media

Bagian III: Bagaimana Literasi media
6. Melindungi Khalayak Media
a. Hari Tanpa Televisi
b. Diet Media
c. Waktu Tanpa Televisi

7. Mempersiapkan Khalayak Media
a. Pendidikan Media di Negara Lain
b. Pendidikan Media di Indonesia
c. Model Pelatihan Melek Media Untuk Pemberdayaan Khalayak Media
d. Prasyarat Implementasi Model
e. Langkah-Langkah Implementasi model
f. Keterbatasan Model

8. Gerakan Sosial Literasi Media
a. Boikot Media
b. Boikot Produk

Indeks
Daftar Pustaka
Tentang Penulis

Komentar

Ajat Rukajat mengatakan…
Selamat menikmati kesuksesan, Guruku, Pak Dr. Yosal Iriantara

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS