Komunikasi Bisnis: Edisi Ketiga, Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.

Judul: Komunikasi Bisnis: Edisi Ketiga
Pengarang: Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.
Penerbit: Erlangga, 2006
Tebal: vii + 352 hlm
Taksiran harga: -
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD (untuk detail dan edisi terbaru)

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Komunikasi Bisnis Edisi 3 yang hadir di tengah-tengah pembaca ini adalah pengembangan dari Edisi 2. Sebagaimana edisi sebelumnya, secara keseluruhan buku ini tetap menambah pendekatan berbagai pokok materinya dengan teknologi dunia maya alias internet. Pendekatan ini sengaja penulis lakukan mengingat bahwa di era sekarang serta yang akan datang, perkembangan teknologi internet akan tetap samakin marak dan menarik di tanah air.


Dalam Edisi 3 ini ada penambahan materi baru, yakni Komunikasi Antarpribadi, dan Negosiasi. Di samping itu, juga dilakukan penyuntingan format penulisan ke dalam enam bagian penting, di maa setiap bagian terdiri atas bab yang relevan dengan bagian tersebut. Bahasan materi mengalami pengembangan sejalan dengan perkembangan dunia komunikasi bisnsi. Buku ini juga membahas prinsip-prinsip komunikasi baik yang berhubungan dengan komunikasi verbal maupun nonverbal, penulisan pesan-pesan bisnis, laporan bisnis, laporan singkat, laporan formal, korespondensi bisnis, teknologi komputer, CD-ROM (software dan hardware), serta DVD-ROM, surat lamaran kerja, resume yang baik, serta bagaimana menghadapi interview kerja dan presentasi bisnis, dasar-dasar internet, dan bahasan menarik lainnya.

Biografi Penulis

Drs. Djoko Purwanto, M.B.A., lahir di sebuah kota kecil sebelah utara Jawa Tengah, tepatnya di Purwodadi – Grobogan, tahun 1959. Setelah tamat SMA Negeri I Purwodadi tahun 1974, ia melanjutkan studinya ke Fakultas Ekonomi – Jurusan Ekonomi Perusahaan (saat ini mejadi Jurusan Manajemen) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Di bulan Juni 1984, ia mendapat gelar Sarjana Ekonomi di universitas tersebut. Setahun kemudian, ia tergabung dalam jajaran pengajar di FE UNS. Lima tahun kemudian (1990), ia dipercaya menjabat Sekretaris Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi – UNS Surakarta. Dalam perjalanan kariernya, ia sering ikut serta dalam berbagai kegiatan keilmuan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ia pernah mengikuti internship program di Ohio State University (1990), Indiana University, Bloomington, USA (1991), serta Kent State University, USA (1992). Berikutnya pada bulan Mei 1995 ia memperoleh Master of Business Administration (M.B.A) di University of Central Arkansas, USA. Kini, ia aktif kembali mengajar di FE-UNS baik program Magister Manajemen (s2), program S1, serta program Diploma 3. Saat ini memperoleh kepercayaan sebagai Ketua Program Studi (Prodi) Diploma 3 Manajemen Pemasaran FE UNS Surakarta.

Berbagai kegiatan pengembangan organisasional yang pernah diembannya antara lain : Pengelola Program Magister Manajemen (MM) UNS Bidang Komite Pengembangan, Ketua Umum Jurnal Perspektif FE – UNS, Ketua Bidang Pelatihan dan Pendidikan pada Pusat Pengkajian dan Pelatihan Ekonomi (P3E) FE – UNS, Tim Pengembangan Laboratorium Komputer FE – UNS serat Tim Pengembangan Fakultas Ekonomi UNS Surakarta.
Buku yang pernah ditulis yaitu Akuntasi Biaya (UNS Press, 1989), Pengantar Akuntansi (UNS Press, 1988), serta Ekonomi Koperasi (PT Tiga Serangkai, 1990), juga Komunikasi Bisnsi Edisi Kedua (Erlangga, 2004). Selain itu, ia kini aktif menulis artikel mengenai masalah ekonomi, keuangan , serta perbankan di media massa. Berbagai tulisan artikel tersebut dapat diakses secara praktis di http:/dipisolo.tripod.com. Personal website tersebut didesain untuk membantu para mahasiswa mengakses berbagai informasi penting yang mereka butuhkan untuk berbagai kepentingan akademik, seperti : penulisan tugas akhir, skripsi, tesis, hingga desertasi. Terkait dengan kepedulian terhadap pengembangan masyarakat industri di wilayah Surakata, ia aktif di Regional Economic Development Business Incubator Center (REDBIC) Surakarta juga aktif di berbagai bidang pelatihan seperti : Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Keterampilan Manajemen, Pelatihan Bisnis, Pelatihan Komunikasi Bisnis, Outbond Management Training, dan Outbond Marketing Training.

Isi Buku
Tentang Pengarang
Kata Pengantar

BAGIAN PERTAMA: Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis
Bab 1 Memahami Komunikasi Bisnis
Bab 2 Komunikasi Antarpribadi
Bab 3 Komunikasi dalam Organisasi
Bab 4 Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

BAGIAN KEDUA: Proses Penulisan Pesan-Pesan Bisnis
Bab 5 Perencanaan Pesan-pesan Bisnis
Bab 6 Pengorganisasian Pesan-pesan Bisnis
Bab 7 Revisi Pesan-pesan Bisnis

BAGIAN KETIGA: Komunikasi Melalui Surat
Bab 8 Penulisan Direct Request
Bab 9 Penulisan Permintaan Pesan-pesan Rutin dan Positif
Bab 10 Penulisan Bad News
Bab 11 Penulisan Pesan-pesan Persuasif
Bab 12 Dasar-dasar Korespondensi Bisnis

BAGIAN KEEMPAT: Komunikasi Tentang Pekerjaan
Bab 13 Penulisan Surat Lamaran Kerja
Bab 14 Penulisan Resume
Bab 15 Wawancara Kerja
Bab 16 Presentasi Bisnis
Bab 17 Negosiasi

BAGIAN KELIMA: Komunikasi Melalui Laporan
Bab 18 Penulisan Laporan Bisnis
Bab 19 Penulisan Laporan Singkat
Bab 20 Penulisan Laporan Formal

BAGIAN KEENAM: Komunikasi Melalui Tekologi Informasi
Bab 21 Komputer Personal dan Komunikasi Bisnis
Bab 22 Teknologi CD-ROM dan DVD-ROM dalam Komunikasi Bisnis
Bab 23 Dasar-dasar Internet

Indeks
Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS