Komunikasi Profetik – Konsep dan Pendekatan, Iswandi Syahputra

Judul: Komunikasi Profetik – Konsep dan Pendekatan
Pengarang: Iswandi Syahputra
Penerbit: Simbiosa Rekatama Media, 2007
Tebal: xi + 235 hlm
Taksiran harga: Rp40.000
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD (untuk detail dan edisi terbaru)

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Komunikasi profetik adalah istilah baru dalam khazanah ilmu komunikasi, yang mengacu terhadap pola komunikasi kenabian Rasulullah Muhammad saw yang sarat dengan kandungan nilai serta etika. Komunikasi profetik adalah kerangka baru praktik ilmu komunikasi dalam perspektif islam yang terintegrasi-terkoneksi dengan kajian ilmu komunikasi yang sudah berkembang sebelumnya.


Pilar ilmu sosial profetik ada tiga, adalah humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar), dan transendensi (tu’minu billah). Dalam buku ini dituliskan komunikasi dalam perspektif islam, yang mengutamakan pentingnya komunikasi yang memanusiakan manusia (Humanisasi) membebaskan (liberasi), dan senantiasa berorientasi kepada Tuhan (transendensi) melalui integrasi-interkoneksi kajian ilmu komunikasi.

Diuraikan juga perkembangan ilmu komunikasi dalam perspektif historis dengan menggunakan bermacam pendekatan, termasuk sejarah perkembangan komunikasi di Indonesia; relasi antara ilmu, agama, dan media; pengertian keilmuan teoantroposentris sebagai metode keilmuan serta membincangkan teori kritis dalam konteks industri televisi; konseptualisasi komunikasi profetik; public sphere dan komunikasi profetik; serta dakwah dalam wacana komunikasi profetik.

Buku ini adalah hasil perenungan serta pengalaman penulisnya, mantan praktisi industri media, yang lalu disusun di atas berbagai telaah teori yang mendukung. Ditulis dengan gaya penuturan yang lugas serta sederhana. Oleh karenanya, buku ini akan begitu membantu mahasiswa serta dosen ilmu komunikasi yang selalu mengikuti perkembangan ilmu komunikasi, serta praktisi maupun pihak-pihak yang berminat mempelajari ilmu sosial maupun studi komunikasi.

Biografi Penulis

Iswandi Syahputra adalah dosen Progam Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta komisioner pada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pendidikan S1nya dirampungkan di Fakultas Syari’ah UAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 diselesaikan di Studi Pascasarjana Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, dan saat ini sedang menyelesaikan S3 pada Program Studi Kajian Budaya dan Media Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Selain mengajar serta menjadi salah satu komisioner ia pun aktif menulis di sejumlah media cetak, menulis buku, dan menjadi pembicara di berbagai pertemuan.

Isi Buku
1. ILMU KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF HISTORIS
A. Communicology : Dari Advokatif-Humanistis ke Mikro-Elektromagnetik
1. Tradisi Komunikasi Yunani Kuno: Praktik Retorika Advokatif
2. Masa Awal Perkembangan Ilmu Komunikasi
B. Kontribusi Islam dalam Perkembangan Ilmu Komunikasi
1. Komunikasi Persuasif
2. Komunikasi Verbal
3. Informasi
4. Gosip/Kabar Bohong
5. Debat
C. Perkembangan Media Massa di Dunia Islam
D. Perkembangan Awal Teknologi Komunikasi : Dari Tulisan Hingga Percetakan
E.  Industri Komunikasi : Media Radio dan Televisi
1. Tradisional
2. Industri
3. Pasca Industri
F. Ilmu Komunikasi Masuk ke Indonesia
G. Tren Ilmu Komunikasi Dewasa Ini : Era Digital Elektromagnetik
H. Menelaah Ulang Teori Komunikasi
2. KONEKSITAS ILMU, AGAMA, DAN MEDIA
A. Wacana Integrasi Interkoneksi Ilmu dan Agama
B. Masa Awal Renaissance Keilmuan Islam
C. Pengertian Agama dalam Berbagai Perspektif
D. Model Integrasi-Interkoneksi Keilmuan
E. Masalah dan Kendala Integrasi-Interkoneksi
1. Paradigma Keilmuan Integrasi-Interkoneksi
2. Isu Moral-Etika dalam Ilmu Pengetahuan
3. Mandegnya Tradisi Penelitian Ilmiah
4. Segi Empat Kesalahpahaman Barat-Islam
F. Relasi Agama dan Media
1. Rellies
2. Ritual
3. Resistance
G. Islam di Mata Media Barat
H. Teori Normatif Media
3. INDUSTRI TELEVISI DALAM PERSPEKTIF TEORI KRITIS TEOANTROPOSENTRIS
A. Menuju Integrasi Teori Kritis Teoantroposentris
B. Teoantroposentris sebagai Metode Keilmuan
C. Hermeneutika dalam Studi Komunikasi
D. Teori Kritis dalam Industri Televisi
4. KONSEPTUALISASI KOMUNIKASI PROFETIK
A. Metakomunikasi Islam
B. Teologi dalam Pengembangan Keilmuan Profetik
C. Paradigma Komunikasi Profetik
D. Komunikasi Profetik : Humanisasi, Liberasi dan Transendensi
E. Media Literacy Untuk Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi
F. Liberasi dan Transendensi Informasi Publik
5. PUBLIC SPHERE DAN KOMUNIKASI PROFETIK
A. Konsep Public Sphere
B. Komunikasi Profetik di jalur Publik
C. Kesalehan Media Versus Kesalahan Media
6. DAKWAH DALAM WACANA KOMUNIKASI PROFETIK
A. Problematika Dakwah
B. Mimbar Dakwah dalam Bingkai Layar Kaca
C. Dakwah dan Propaganda
D. Dakwah dan Komunikasi Persuasif
E. Apakah ada Komunikasi Dakwah
Indeks
Daftar Pustaka
Tentang Penulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS