Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Rosady Ruslan

Judul: Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations
Pengarang: Rosady Ruslan
Penerbit: PT Raja Grafindo Persada, 2007
Tebal: xviii + 162 hlm
Kontak: 08179408659/Pin BB: 25A7BCBD (untuk detail dan edisi terbaru)

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Di setiap tempat, dunia public relations memiliki pesan ganda, di satu pihak berupaya menjaga citra, baik terhadap lembaga maupun organisasi yang diwakilinya, serta di pihak lain ia mesti berhadapan dengan berbagai situasi yang kuran gmenguntungkan, seperti opini publik yang negatif, kontroversial, bertentangan, hingga mengalami saat yang paling genting (crucial point) serta krisis kepercayaan dan citra.
Dalam upaya untuk menjaga maupun mempertahankan citra, diperlukan kiat serta strategi peranan public relations. Salah satunya ialah melalui teknik berkampanye dan berkomunikasi yang efektif untuk keperluan publikasi maupun tujuan promosi tertentu.

Lebih lanjut mengenai teknik berkampanye tersebut akan dijelaskan di dalam buku ini. Namun, sebelumnya pada bab pertama diuraikan tentang orientasi pemahaman, definisi, peranan, dan tujuan public relations yang dihubungkan dengan bauran PR (PR Mix). Selanjutnya, buku ini menyajikan dimensi komunikasi kampanye PR, perekayasaan opini publik, peranan kampanye PR untuk memenangkan persaingan, serta aplikasi program kampanye public relations di bagian akhir buku ini dihadirkan masalah-masalah makro yang dihadapi kampanye PR.

Buku yang terdiri dari enam bab ini dijabarkan secara sistematis dari satu bab ke bab berikutnya sehingga mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun bahasa ilmiah populer yang menunjang landasan dan konsep ilmiah dalam komunikasi, public relations, jurnalistik/publisistik, serta manajemen.

Biografi Penulis
Rosady Ruslan (Dusun Jambi Kecil, Jambi, 25 Mei 1953) selain sempat menjadi wartawan selama lebih kurang 14 tahun di berbagai media, majalah mingguan TOPIK; harian Merdeka; harian Ekonomi Bisnis Indonesia; dan harian Media Indonesia.  Kemudian tahun 1988, bekerja seabgai Public Relations Officer dan Employee Relations Officer (Pro-Manager) di Bank Summa hingga dinyakatan “ dilikuidasi” di tahun 1992/1993 oleh pemerintah. Latar belakang pendidikan formalnya ialah Fakultas Hukum, Universitas Islam as-Syafi’yah Jakarta, dan Pasca Sarjana di UBHARA, Jakarta. Disamping itu juga pernah ikut serta dalam berbagai lokakarya, pendidikan serta pelatihan mengenai Jurnalistik, Public Relations, dan Kepersonaliaan (Sumber Daya Manusia).

Disamping aktif sebagai penulis dan kolomnis di majalah mingguan Editor, Suara Pembaruan, Bisnis Indonesia, Kompas, serta Media Indonesia, dan lain sebagainya. Beliau bekerja di perusahaan PR-Consultant dan Staff Pengajar di STIKOM Interstudi, Universitas Mercu Buana; Universitas Indonesia Esa Unggul (Program PKSM), Universitas Paramadina.

Isi Buku

Kata Pengantar
Pendahuluan

Bab I. Peranan Public Relations Dewasa Ini
A. Pemahaman Peran Public Relations
B Definisi Public Relations
C. Fungsi dan Tujuan PR
D. Bauran Public Relations (PR Mix)

Bab II. Dimensi Komunikasi PR Campaign
A. Pengertian Komunikasi
B. PR Sebagai Teknik Komunikasi
C. Pengertian Kampanye
D. Jenis-Jenis Kampanye
E. Persuasi Titik Tolak Berkampanye
F. Bauran Komunikasi (Coomunication Mix)
G. Strategi Komunikasi dalam Kampanye
H. Persuasi dalam Kegiatan Komunikasi

I. Proses Transfer pada Public Relations

BAB III. Perekayasaan Opini Publik
A. Menggalang Opini Publik
B. Definisi Tujuan Opini
C. Merekayasa Berita yang Menguntungkan
D. Menetapkan Strategi Penulisan Berita (Pesan)
E. Publisitas dalam Kampanye

BAB IV. Peranan Kampanye PR untuk Memenangkan Persaingan
A. Kampanye PR dalam Praktik
B. Definisi dan Objek Kampanye PR
C. Model Proses Komunikasi Umum (Kampanye)
D. Model Kampanye Public Relations
E. Teknik Berkampanye
F. Materi dan Isi Program Kampanye

BAB V. Aplikasi Program Kampanye Public Relations
A. Pengertian Program Kampanye
B. Program Kampanye Terpadu
C. Etos Kerja Komunikator dalam Kampanye PR
D. Propaganda dalam Praktik PR
E. Strategi Propaganda PR dalam Periklanan
F. Tipe Kampanye PR (Type of Public Relations Campaign)
G. Proses Sepuluh Tahapan Perencanaan Kampanye (The Ten Stages of Campaign Planning)
H. Tujuan Periklanan
I. Analisis Hasil Kampanye PR
J. Perbedaan Propaganda dan Kampanye

BAB VI. Masalah Makro Kampanye PR
A. Mengkaji Efektivitas dan Efisiensi Praktik Kampanye PR
B. Wahana dan Tujuan PR dalam Pemasaran
C. Merancang AcaraKhusus (Special Events)
D. Antisipasi PR dalam Informasi dan Media Era Globalisasi
E. Kiat Kampanye Vaksinasi Polio Secara Nasional
F. Kampanye Pemilu

Daftar  Pustaka

Lampiran-Lampiran
1. Khalayak Sasaran Kampanye PR
2. Agenda Setting
3. Program Kerja Kampanye PR
4. Analisis Kenal Suka dan Citra

Biodata Singkat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Laporan Keuangan, Kasmir, SE., M.M

Ekonomi Moneter, Dr. Lestari Ambarini, SE,MM.

Pengantar Sejarah Sastra Indonesia, Yudiono KS